Jumat, 01 Februari 2013

Training Ahli K3 Umum Spesialis Listrik

training ahli k3 umum listrik
Training ahli k3 umum: Listrik, dapat juga diartikan sebagai berikut:
  • Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.
  • Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.

Bersama dengan magnetisme, listrik membentuk interaksi fundamental yang dikenal sebagai elektromagnetisme. Listrik memungkinkan terjadinya banyak fenomena fisika yang dikenal luas, seperti petir, medan listrik, dan arus listrik. Listrik digunakan dengan luas di dalam aplikasi - aplikasi industri seperti elektronik dan tenaga listrik.

Tenaga listrik, atau listrik, melibatkan produksi dan pengantaran tenaga listrik dalam jumlah yang cukup untuk menjalankan peralatan rumah tangga, peralatan perkantoran, mesin industri, dan menyediakan tenaga untuk lampu umum, alat pemanasan, memasak, dan lain - lain.

Jika tanpa ada pemahaman yang memadai tentang apa dan bagaimana sifat listrik bisa menimbulkan bahaya buat diri sendiri dan orang - orang di sekitar kita, training ahli k3 umum spesialis listrik membekali peserta dengan materi sangat bagus tentang hal tersebut.


Listrik memberi kenaikan terhadap 4 gaya dasar alami, dan sifatnya yang tetap dalam benda yang dapat diukur. Dalam kasus ini, frasa "jumlah listrik" digunakan juga dengan frasa "muatan listrik" dan juga "jumlah muatan".

Ada 2 jenis muatan listrik: positif dan negatif. Melalui eksperimen, muatan sejenis saling menolak dan muatan lawan jenis saling menarik satu sama lain. Besarnya gaya menarik dan menolak ini ditetapkan oleh hukum coulomb.


Sengatan listrik disebabkan karena aliran arus listrik melalui tubuh. Tingkat keparahannya bergantung pada besarnya arus: Ini juga terdapat di dalam materi training ahli k3 umum spesialis listrik:

  • Sengatan listrik sebesar 1mA biasanya menyebabkan rasa kesemutan / geli yang tidak nyaman. 
  • Sengatan arus listrik di atas 10mA dapat menyebabkan nyeri otot yang cukup parah sehingga korban kesulitan melepaskan konduktor akibat kejang otot.
  • Arus diantara 100mA dan 200mA (50 Hz AC) dapat menyebabkan fibrilasi ventrikel pada jantung sehingga berisiko kematian.

Dengan mengikuti training ahli k3 umum spesialis listrik dapat meminimalisasi kecelakaan kerja karena kecerobohan atau kurangnya pengetahuan bahaya yang bisa ditimbulkan oleh listrik.

Materi – materi yang diberikan selama training ahli k3 umum spesialis listrik sangat bermanfaat dan diharapkan bisa dipraktekkan selepas mengikuti training ahli k3 umum bidang listrik di lingkungan perusahaan atau tempat kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar