Kamis, 29 November 2012

Jadwal Training Ahli K3 Umum


Training Ahli K3 Umum : Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan hak asasi karyawan dan salah satu syarat untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Di samping itu K3 juga merupakan syarat untuk memenangkan persaingan bebas di era globalisasi dan pasar bebas Asean Free Trade Agrement (AFTA), World Trade Organization (WTO) dan Asia Pacipic Economic Community(APEC).

Oleh karena itu untuk bisa ikut bersaing di pasar bebas tersebut maka program kesehatan dan keselamatan kerja harus diterapkan disemua tempat kerja. Sedangkan ergonomi disamping meningkatkan kesehatan dan keselamatan Kerja juga mampu meningkatkan produktifitas kerja. Oleh karena itu penerapan ergonomi dan K3 yang baik di perusahaan akan mampu meningkatkan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja sekaligus meningkatkan produktivitas kerjanya. Walaupun penerapan ergonomi dan K3 di perusahaan telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan, keselamatan dan produktifitas kerja karyawan namun kenyataannya penerapan ergonomi dan K3 di perusahaan terutama di perusahaan kecil dan menengah masih jauh dari yang diharapkan
  
 Seirama dengan derap langkah pembangunan negara dewasa ini, kita akan memajukan industri yang maju dan mandiri dalam rangka mewujudkan era industrialisasi. Proses industrialisasi maju ditandai antara lain dengan mekanisme, elektrifikasi dan modernisasi. Dengan keadaan yang demikian maka penggunaan mesin-mesin, pesawat-pesawat, instalasi-instalasi modern serta bahan berbahaya semakin meningkat. Hal tersebut disamping memberi kemudahan proses produksi dapat pula menambah jumlah dan ragam sumber bahaya di tempat kerja. Maka akan terjadi pula lingkungan kerja yang kurang memenuhi syarat, proses dan sifat pekerjaan yang berbahaya, serta peningkatan intensitas kerja operasional tenaga kerja. Masalah tersebut diatas akan sangat mempengaruhi dan mendorong peningkatan jumlah maupun tingkat keseriusan kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan

Karena latar belakang tersebut diataslah yang menjadikan pentingnya K3 di lingkungan kita, lingkungan kerja dan lingkungan sehari-hari karena kecelakaan bisa terjadi dimanapun. Dan perusahaan yang sadar akan pentingnya hal tersebut, membutuhkan tenaga Ahli dalam menangani kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan perusahaannya.  Oleh karenanya mereka menunjuk karyawan yang dinilai mampu untuk mengikuti pelatihan / training K3. Jadwal training ahli K3 umum biasanya selama 12 hari kerja ada juga yang 120 jam efektif. Training tersebut biasanya diadakan oleh badan yang sudah berkompeten dalam menangani pelatihan, dan kerjasama dengan Depnakertrans.

Materi yang diberikan selama Jadwal training ahli k3 umumnya mecakup hal-hal berikut :
Kebijakan K3
Undang-undang No.1 Tahun 1970
Konsep dasar K3
P2K3
K3 Listrik
K3 Penanggulangan Kebakaran
K3 Kontruksi Bangunan
K3 Bejana Tekan
K3 Pesawat Uap
K3 Mekanik
Kesehatan Kerja
Lingkungan Kerja
Statistik dan Laporan Kecelakaan Kerja
SMK3
Audit SMK3
Manajemen Risiko
Analisa Kecelakaan Kerja
Praktek Kerja Lapangan 
Job Safety Analisis
Prosedur Kerja
Ujian Akhir
Pembuatan Laporan & Seminar

Biaya yang dibebankan kepada peserta training berbeda-beda tiap penyelenggara, tergantung isi materi, instruktur, lama training dan fasilitas yang diberikan. Peserta yang lulus dalam mengikuti keseluruhan materi dalam jadwal training ahli k3 umum akan diberikan sertifIkat ahli K3 dari depnakertrans serta surat penunjukan ahli K3 dari menteri tenaga kerja yang dikeluarkan oleh departemen tenaga kerja dan transmigrasi republik indonesia sebagai Ahli K3 Umum di perusahaan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar